«

»

Nov 03

Jenis Pelindung Layar Pada Smartphone

Jenis Pelindung Layar Pada Smartphone

Jenis Pelindung Layar Pada Smartphone

Persaingan para vendor smartphone untuk menarik minat & memberikan daya tarik pada konsumenya dilakuakan dengan berbagai cara, seperti mentematkan teknologi-teknologi canggih dan terbaru pada smartphone unggulan mereka. Dan salah satu yang menjadi pertimbangan konsumen adalah ketahanan smartphone itu sendiri dalam pemakaian sehari-hari. Para produsen smartphone pun berlomba-lomba untuk menghadirkan perlindungan yang kuat dan tangguh pada smarphone mereka dengan screen guard atau screen protector (pelindung layar ).

Advertisement

Bagi para pengguna smartphone dengan layar sentuh, goresan dan benturan saat ini menjadi momok yang paling utama. Karena dengan pemakaian sehari-hari pastinya resiko terhadap benturan maupun goresan akan senantiasa mengintai kita. Dan salah satu hal yang dilakuakan untuk menghindarinya adalah memberikan perlindungan tambahan untuk layar smartphone kita, seperti jenis screen guard atau screen protector.

Screen protector atau pelindung layar yang umumnya kita jumpai pada smartphone kelas menengah keatas dan yang paling terkenal adalah Corning Gorilla Glass. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi banyak perusahaan lain yang juga ikut melakukan pengembangan teknologi pelindung layar. Nah untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami ulas secara singkat mengenai beberapa macam pelindung layar yang saat ini banyak digunakan pada smartphone yang beredar di pasaran :

1. Corning Gorilla Glass

Jenis Pelindung Layar Pada Smartphone

Corning Gorilla Glass merupakan jenis pelindung layar yang saat ini paling populer dan banyak digunakan pada smartphone kelas menengah keatas dan smartphone kelas high-end. Gorilla Glass sendiri diproduksi oleh pabrik kaca Corning asal Amerika Serikat. Kaca ini direkayasa dengan menggabungkan ketipisan, keringanan, dan daya tahannya terhadap kerusakan.

Advertisement

Corning Gorilla Glass sendiri sampai saat ini telah digunakan lebih dari 4.5 miliar perangkat diseluruh dunia. Hal ini tentunya sudah cukup untuk membuktikan seberapa kuat dan tangguhnya lapisan kaca ini. Corning Gorilla Glass saat ini telah sampai pada generasi yang keempat yaitu Gorilla Glass 1, Gorilla Glass 2, Gorilla Glass 3 dan yang terakhir Gorilla Glass 4. 

  • Gorilla Glass 1
    Selain tahan terhadap goresan, kelebihan lainnya terletak pada lapisannya yang tipis dan ringan, namun kuat, sehingga tidak memengaruhi tingkat sensitivitas touchscreen. Yang perlu Anda ketahui dari Corning Gorilla Glass 1 yakni masih terdapat beberapa kelemahan seperti mudah pecah jika terbentur benda kasar atau keras. Pelindung layar ini sudah banyak digunakan di berbagai smartphone, seperti Samsung Galaxy SII, LG Optimus L7, HTC Desire S dan lain sebagainya.
  • Gorilla Glass 2
    Untuk kekuatan, pelindung Gorilla Glass generasi kedua ini masing sama dengan yang pertama, hanya saja ketebalan materialnya lebih tipis sekitar 20%, Gorilla Glass 2 mampu melewati uji tekuk dengan beban 54 kg, tanpa mengalami kerusakan. Pelindung layar ini telah diaplikasikan di ponsel seperti, HTC One, Oppo Find 5, Motorola RAZR M, Samsung I9300 Galaxy S III dll.
  • Gorilla Glass 3
    Pelindung laayr Gorilla Glass generasi ketiga ini memiliki kekuatan 3 kali lebih besar di banding Gorilla Glass 2, Seandainya pun terjadi goresan, secara kasat mata terlihat lebih halus hingga 40 persen, ketimbang versi sebelumnya. Gorilla Glass 3 sendiri banyak digunakan pada berbagai smartphone flagship terbaru.
  • Gorilla Glass 4
    Dan Corning kali ini telah merilis pelindung layar Gorilla Glass generasi ke 4. Gorilla Glass 4 memiliki ketahan 80% tidak mengalami kerusakan ketika terjatuh di permukaan kasar dengan ketinggian 1 meter. Gorilla Glass 4  sendiri diklaim sebagai pelindung layar terbaik saat ini dan banyak digunakan pada smartphone flagship terbaru seperti Samsung Galaxy S6, Samsung Galaxy S6 Edge, Samsung Galaxy S6 Edge+, dll

2. Dragontrail Glass

Jenis Pelindung Layar Pada Smartphone
Dragontrail Glass bisa dibilang sebagai pesaing paling kuat untuk Corning Gorilla Glass. Teknologi Dragontrail Glass dikembangkan oleh Asahi Glass yang mengusung kekuatan superior. Dalam uji ketahanan Dragontrail Glass mampu melewati uji tekuk (bending) dan pukulan palu tanpa mengalami retak atau pecah sedikitpun. Dengan ketebalan hanya 1mm, Pelindung layar ini diklaim mampu menahan beban hingga 60 kg dan memiliki kekuatan 6 kali lebih tangguh.

3. Scratch Resistant Glass

Jenis Pelindung Layar Pada Smartphone
Scract Resistant Glass merupakan tipe screen protector /pelindung layar yang dihadirkan untuk melindungi goresan ringan pada layar. Bisa dibilang Scratch-Resistant Glass adalah pelindung layar yang dapat menekan efek goresan sehingga layar tetap bening dan tampak tak ada bekas. Karena screen protector ini hanya dapat melindungi ponsel anda dari goresan-goresan ringan seperti pada penggunaan sehari-hari.

Advertisement

4. Oleophobic Coating

Jenis Pelindung Layar Pada Smartphone
Mungkin ada beberapa dari kalian yang penasaran dengan pelindung layar Oleophobic Coating. Apakah Oleophobic Coating itu ? Oleophobic Coating merupakan lapisan layar pada permukaan kaca dengan ketahanan lebih terhadap goresan ringan. Selain itu, lapisan pada Oleophobic Coating menggunakan material yang tidak mudah tertempel kotoran, cairan hingga sesuatu yang berminyak ataupun kotoran yang berasal dari jari tangan.

5. Sapphire Glass

Jenis Pelindung Layar Pada Smartphone
Saaphire Glass merupakan material terkuat kedua di dunia setelah berlian. Saaphire Glass sendiri sudah digunakan pada smartphone iPhone dalam beberapa generasi & memiliki kekuatan yang sangat baik terhadap goresan dan benturan. Namun belakang setelah muncul kelemahan kalau Saaphire Glass tidak lebih kuat & lebih baik dari Gorilllas Glass, perusahaan berlogo buah Apple ini mulai meninggalkan pelindung layar jenis Saaphire Glass ini.

6. Rhino Glass

Jenis Pelindung Layar Pada Smartphone
Selain Corning Gorilla Glass, Dragontrail Glass dan Saaphire Glass, ternyata masih ada pelindung layar yang memiliki kekuatan tangguh terhadap benturan dan goresan yakni Rhino Glass Shield. Berbeda dengan konsep Gorilla Glass atau Sapphire Glass yang langsung melapisi layar perangkat, Rhino Shield adalah sebuah screen protector yang sangat tipis untuk melindungi layar dari benturan, goresan, air, minyak dan sidik jari yang biasa menempel di layar. Bahkan karean sangat tipis, pengguna yang telah mencobanya mengatakan bahwa Rhino Shield tidak akan membuat perangkat Anda terlihat menggunakan screen protector. Dalam video pengujian, terlihat Rhino Shield terbukti ampuh menahan gempuran dari objek seperti pisau, palu, potongan kuku, dan bola besi yang cukup berat.

7. Turtle Glass

Jenis Pelindung Layar Pada Smartphone
Dominasi Gorilla Glass sebagai pelindung smartphone terbaik untuk saat ini memang tak bisa terbantahkan. Namun dimasa depan dominasi Gorila Glass mungkin akan ditantang Samsung yang kabarnya menyiapkan pesaing bernama Turtle Glass. Memang Turtle Glass dari Samsung saat ini sedang dalam tahap pengembangan. Mungkin paling cepat tahun depan kita sudah bisa melihat perangkat smartphone Samsung yang akan menggunakan pelindung layar ini.

🙂 NGGAK MAU KETINGGALAN UPDATE INFORMASI TERBARU KAN? YUK LIKE FANSPAGE 🙂

Nah, demikianlah beberapa uraian singkat mengenai jenis-jenis pelindung layar smartphone yang saat ini beredar di pasaran. Apabila ada salah penulisan, silahkan memberikan kritik dan saran demi sempurnanya artikel ini. Semoga informasi ini bisa memberikan sedikit pengetahuan baru untuk Anda & terima kasih telah berkunjung ke Arenasmartphone.com 🙂 🙂 🙂

Advertisement